HomebrewSchematic

Eksperiment 2x IRF520 Untuk All Band Amplifier

Menggunakan Mosfet IRF520 seharga 8 ribuan perbiji . Harga cukup terjangkau untuk Eksperimen Hf Amplifier ala Homebrewer ndeso. Untuk driver menggunakan Transistor 2SC1971 bekas , Dengan Pcb double layer yang saya desain nampaknya masih ada jalur yang salah %$#&#.

Trafo Output dengan perbandingan 1:4 output sekitar 50W di band 40m tanpa LPF dan trafo input menggunakan Bifillar 12T pada toroid Cincin dari BITX . Penggunaan Trimpot warna biru dengan Top ADJ sangat membantu untuk penyetelan tegangan Bias .

Pengetesan menggunakan Exciter LMR SDR dengan tegangan Bias sekitar 3,5V dengan Idle current 50mA ,langsung masuk ke Transistor Driver 2SC1971 . Saya coba test pada 80m dengan output 100W , 20m band 40W , dan pada frequency 27Mhz hanya keluar 7W .

2x IRF520 Amplifier

Hasil Modulasi dari Amplifier ini cukup baik , berdasar laporan dari beberapa kali qso di 40m band dan 27Mhz . Bahkan tidak mengira saya menggunakan IREX …

Untuk pengembangan bisa saja menggunakan 4x Mosfet IRF520 agar didapat Daya yang lebih besar , tentu saja dengan beberapa penyesuaian , salah satunya Heatsink harus cukup besar. IRF520 bisa di ganti dengan type lain jika mau mencoba. tegangan yang saya Gunakan 13,8V menyesuaikan PSU yang saya gunakan .

Selamat Ber experiment  , jika ada pertanyaan silakan tinggalkan di kolom komentar ,dan nantikan artikel berikutnya yang lebih menarik .

All The Best to You , 73 de YE3CIF

Source :

Related Articles

9 Comments

  1. Apakah ada hasil pengukuran yang lebih detail untuk penguat linier dengan IREX ini, berhubung sampai saat ini saya belum pernah menemukan produk2 spt Icom, Yaesu, dll yg menggunakan IREX sebagai linier PA nya ?
    Saya hanya menduga karena IREX adalah peruntukan nya untuk switching, jadi karaterisitik nya tidak cocok dipakai sebagai linier PA , yg tentu perlu pengukuran dengan bantuan tools yg mumpuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button