Tuesday , 21 September 2021

Upgrade Arduino Nano to STM32 pada LMR SDR Transceiver

Sebagai seorang amatir radio yang progresif, Amatir Radio selalu nyesuaikan stasiun radionya setingkat dengan ilmu pengetahuan. Maka itu saya dalam berexperiment selalu mencari hal2 baru yang lebih bagus ,lebih efisien ,lebih mudah dan lain sebagainya . Salah satunya mengupgrade mainan saya yaitu SDR Transceiver pada sisi Synthesizernya , yang tadinya menggunakan Arduino Nano ke STM32F103C8T6 , dengan beberapa kelebihan yang di milikinya. Berikut Skematik nya ….

Baca juga : Desk Microphone Homemade for Sdr Radio 3D Printer

Pembuatan pcb saya menyesuaikan dengan pcb LMR SDR yang lama , sehingga pemasangannya jadi mudah tanpa ada perkabelan alias Plug and Play. Pada skema terdapat juga ic Si5351 sebagai pembangkit frequencynya , perlu di pasang jika akan di pergunakan untuk sdr model lain , untuk LMR SDR tidak perlu di pasang , karena menggunakan Si5351 yang sudah terpasang pada exciter.

usb synth board

Untuk Pemrograman pada STM32F103C8T6 berbeda dengan kalau kita menggunakan Arduino , anda perlu menyiapkan satu alat lagi bernama ST-Link untuk proses upload file hex dengan menghubungkan Pin +3V3, GND, SWIO, dan SWCLK . install juga aplikasi bernama STM32 ST-LINK Utility untuk proses upload file hex ke boarnya. Cara upload file hex ke STM32F103C8T6 ada disini .

Nah untuk installasinya secara komplit akan saya paparkan disini. Spec dari Pc/Komputer yang saya gunakan pada Tutorial kali ini adalah sbb:

  • MB Gigabytes H81 LGA1150
  • Processor Intel Pentium G3250 Haswell
  • Ram DDR3 2x 4Gb
  • Chips soundcard Realtek ALC887
  • Windows 10 Enterprise 64bits

Sebelum intalasi PowerSDR semua driver pada PC anda harus sudah terinstal.

Selanjutnya perlu di siapkan beberapa Software seperti dibawah ini. Bisa download di sini >> https://www.ye3cif.com/downloads

  • PowerSDR v 2.8.0.187 64bit ( Pilih sesuai PC yang di gunakan 64bit atau 32bit)
  • sdr1kUsb.dll
  • Asio4all = https://www.asio4all.org/

Install semua program tersebut seperti biasa , tidak ada setting khusus . untuk file sdr1Kusb.dll copy n paste ke folder instalasi pada powerSDR , biasanya di Disk C: > Program Files > FlexRadio Systems > PowerSDR 2.8.0 

Lanjut ke Part 2 >>>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *