HomebrewPoweSDRSDRTutorial

Cara Kalibrasi Frequency LMR SDR V1.5.A

Proses kalibrasi frequency pada LMR SDR V1.5.A sangat mudah di lakukan, tanpa alat ukur maupun dengan alat ukur . Dan ini penting agar frequency pada display dan yang kita pancarkan sama .

Karena ini menggunakan STM32F103C8T6 maka kita perlu menginstall file sdr1kUsb pada folder instalasi PowerSDR ( biasanya di Local(C:) > Program Files > FlexRadio Systems > PowerSDR 2.8.0 ). Silakan centang USB adapter , jika tidak mau “USB Device Not Found” itu tandanya pemasangan file sdr1kUsb salah atau koneksi usb ke STM32F103C8T6 tidak terhubung .

Seperti pada gambar berikut, silakan centang Expert untuk bisa memunculkan menu pada DDS. Proses Kalibrasi anda hanya tinggal merubah nilai Clock Offset bisa – atau + dan klik Apply untuk menyimpan . Untuk mengetahui center frequency tanpa menggunakan alat ukur yaitu dengan menepatkan frequency (Zero beat) pada Waterfall tepat di frequency yang dipilih , dengan memperhatikan garis warna merah center pada waterfall. Frequency yang menjadi acuan adalah wwv frequency calibration ( 2.5, 5, 10, 15, 20 dan 25MHz ada di Menu Band PowerSDR) .

Kalibrasi menyesuaikan hardware yang terpasang , tiap exciter berbeda nilainya. Anda tidak perlu menggunakan Frequency Counter karena Frequency WWV cukup akurat. Berikut saya juga sertakan Video untuk kalibrasi frequency pada PowerSDR , jangan lupa Like, Comment and Share……

Terimakasih sampai jumpa 73 ‘ de YE3CIF

Source = https://www.nist.gov/pml/time-and-frequency-division/time-distribution/radio-station-wwv


Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button