Wednesday , 12 May 2021
Home / Dasar Elektronika / Capacitor SMD dan cara membaca kodenya

Capacitor SMD dan cara membaca kodenya

Capacitor SMD sangat mudah di kenali pada suatu PCB , biasanya berwarna Coklat untuk jenis ceramic , atau pada Boardnya tertulis kode C, TC, CP, CN. Ada beberapa jenis yang umum di pakai diantaranya Capasitor keramik, capasitor Tantalum, Capasitor Elektrolite/ ELCO, Capasitor TOKIN , dan lain-lain.. Ini sangat penting kita ketahui agar kita tidak salah mengidentifikasi komponen tersebut, karena secara fisik mirip dengan komponen lain . ambil contoh , untuk capasitor ceramic mirip dengan resistor atau inductor .

Baca Juga : Cara mudah Mengetahui Kode Transistor SMD

Selain itu kita juga harus tahu Fungsi penggunaan kapasitor dalam suatu rangkaian , beberapa diantaranya adalah :

  • Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan rangkaian yang lain
  • Sebagai filter dalam rangkaian Power supply
  • Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian oscilator
  • Untuk menghemat daya listrik pada lampu neon
  • Menghilangkan bouncing (loncatan api)

Satuan Capacitor adalah Farad di singkat F

F = Farad >>1F=1000mF
mF= mili Farad >>1uF=1000uF
uF= micro Farad >>1uF=1000nF
nF= nano Farad >>1nF=1000pF
pF= pico Farad >>1pF=0,001nF

Cara Membaca Nilai Capacitor SMD

Capacitor Ceramic sebagian besar tidak ada tanda atau code di bodynya untuk mengetahui nilainya , Hanya alat Ukur saja ( C Meter /smd smart tester) yang bisa kita pergunakan untuk mengetahui nilainya . Namun untuk jenis Tantalum, elco kita bisa menemukan code yang ada di Bodynya , sehingga dengan mudah kita bisa tau nilai capacitor tersebut. Pada Pengkodean Nilai capacitor ada beberapa macam seperti pada gambar dibawah ini .

Marking code

Berikut adalah contoh cara mengukur nilai Capacitor Tantalum:

Kita akan coba menghitung capacitor A Case dimana pada gambar tertulis Code = A106 Huruf A menunjukkan tegangan kerja dari Capacitor dan bisa di cek pada Tabel di bawahnya A = 10V , dan 106 menunjukkan nilai Capacitor sesuai Tabel bernilai 10uF .

Jadi Capacitor dengan Code A106 = 10uF/10V

Code lainnya bisa anda coba sendiri untuk menghitungnya sesuai Standard Value and Case size yang berlaku ,untuk detail tentang pengkodean capacitor bisa anda download sendiri pada masing-masing merk atau bisa di searching di google dengan kata kunci “ smd code capacitor”.

Mudahkan ? jika ada pertanyaan silakan tinggalkan pada kolom komentar. Saya kira artikel Capacitor SMD dan cara membaca kodenya sudah cukup, sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya , terimakasih.

Salam ’73 de YE3CIF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *