Cara Upload File .hex ke Arduino nano

Sebelumnya saya sempat bingung bagaimana cara upload file .hex ke arduino nano, karena komunikasi pada arduino bukan komunikasi yang umum digunakan untuk mengupload file .hex, komunikasi yang digunakan arduino untuk mengunggah file .hex yaitu dengan menggunakan komunikasi UART, sedangkan yang umumnya menggunakan komunikasi SPI, akhirnya saya menemukan saat googling, dan ternyata bisa dilakukan. Upload file .hex ke arduino bisa dilakukan dengan aplikasi , yg sudah saya coba adalah dengan GC_Uploader dan Xloader.

Kali ini saya akan coba memberikan Tutorial untuk penggunaan XLoader untuk mengupload file.hex ke arduino nano pada LMR SDR . Yang perlu disiapkan adalah:

Penggunaannya cukup mudah,¬†anda tinggal menghubungkan arduino nano ke pc/laptop yang ingin di upload file hexnya, lalu pada bagian Hex file, masukan file hexnya dengan cara klik tombol “…”, setelah itu pilih device arduinonya “Duemilanove/Nano(ATmega328)”, dan pilih COM port arduinonya yang sudah terhubung ke pc/laptop. Selanjutnya tinggal Klik “Upload” untuk memulai proses… tunggu sampai selesai . Untuk lebih jelasnya anda juga bisa cek video di bawah ini….

cara upload file hex ke arduino nano

mudah2an bermanfaat

salam

de ye3cif

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *